AYO! Berikan Kesan dan Pesan Tentang Kegiatan
BUMN Hadir untuk Negeri

Klik pada button Testimoni Untuk Memberikan Kesan dan Pesan Anda.

Testimoni

Hari ini kami istirahat tapi tidak bisa karena masih harus membuat laporan. Tapi pada siang hari kami melakukan perjalanan edukasi ke Museum Mc Arthur, selama perjalanan kami melintasi gunung-gunung dan tidak habis pemandangan. Kami puas sepanjang perjalanan yang sangat begitu indah. Sesampainya kami di Mc Arthur kami kaget dan terpukau akan indahnya alam ini, alam Papua disini kami banyak sekali ilmu karena ini adalah situs peninggalan Belanda yang dijadikan markas oleh pasukan sekutu. Kami juga melanjutkan perjalanan ke situs Megalitikum yang terdapat banyak patung-patung, patung-patung tersebut menceritakan tentang masyarakat adat dulu yang berburu dan ada juga patung yang menggambarkan seorang perempuan dan laki-laki yang dikutuk menjadi batu.

M. RIYADH AT TIRMIZI SMA N 1 BANDAR LAMPUNG

Kami berkunjung ke Museum Papua di Jayapura, disini banyak sekali hal-hal baru yang kami belum ketahui dan akhirnya menjadi tahu, bagaimana adat istiadat masing-masing suku dan kebiasaan, baju adat tradisional, alat-alat berburu, alat rumah tangga dan yang lainnya. Disini kami sudah mulai berdiskusi sambil memperhatikan secara berkelompok. Akhirnya kami berpencar dengan dibagi 2 bagian kelompok dan masing-masing 1 orang pemandu, kami tidak pernah bosan memperhatikannya, karena menurut kami merupakan hal unik dan harus dipelajari dan nantinya harus bisa dibagikan kepada teman-teman provinsi Lampung. Setelah selesai mengunjungi museum di Jayapura, kami juga mengunjungi museum Universitas Cendrawasih, tak kalah menariknya dengan museum Provinsi Papua. Museum Universitas Cendrawasih memiliki banyak pesona dan keanekaragaman. Banyak cerita dan pengalaman yang didapatkan dan pastinya harus dibagikan nantinya

MEISHY HANDERLIN PUTRI SMA N 13 BANDAR LAMPUNG

Jam 07.00 pagi kami menuju ke SMAN 3 Jayapura, jalannya sangat liku-liku membuat saya sedikit pusing, ternyata sekolah ini terletak di puncak gunung yang jauh. Sampai disana kami disambut dengan tarian, kami juga diberikan gelang dan disambut dengan keramah-tamahan siswa-siswi disana. Selanjutnya kami menuju Museum Universitas Sriwijaya, tidak jauh berbeda dari wisata lainnya, disini juga banyak sekali barang-barang yang umurnya lebih dari 1 abad, juga banyak terdapat patung-patung yang indah, berbeda dari yang lain patung di Museum ini juga kebanyakan berfungsi sebagai tolak balik.

FARIDZ UNGGUL PANGESTU SMA N 1 KOTAGAJAH

Hari ini kami menuju ke SMAN 5 Jayapura hal yang sangat mengesankan untukku untuk yang kesekian kalinya karena kami disambut dengan sangat baik dengan tarian Yospan, disana kami lagi-lagi mendapatkan teman baru, dan lebih mengsankan lagi kami diajak keliling. Walau baru bertemu beberapa menit kebersamaan kami sudah serasa seperti sahabat yang sudah bertahun-tahun dan tidak ingin dipisahkan, kami merasa sedih karena harus berpisah dengan mereka, ingin sekali rasanya kami tinggal dan menetap namun tugas berkata lain. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan pulang dan sebelumnya kami sempat membeli batik disebuah toko untuk membeli oleh-oleh.

APRISA ADITYA SMA N 1 TUMIJAJAR

AJENG KENCANA SMA N 1 TUMIJAJAJR

Aku bersama teman-teman mengunjungi Taman Budaya dan Museum Negeri Waena. Tau gak sih di museum ini kita bisa mengetahui entang sejarah dan adat istiadat yang ada di Papua. Setelah aku dan kawan-kawan sudah cukup dapat informasi dan waktu kunjungan akhirnya pun habis. Kami melanjutkan perjalanan ke museum Universitas Cendrawasih. Kalo menurut aku kunjungan ke museum ini seperti pelengkap kunjungan dari museum sebelumnya. Waah intinya hari ini seneng banget bisa mengetahui tentang berbagai asal-usul atau nenek moyang orang Papua, sejarah, adat, dan budayanya.

AHMAD CATUR PRASETYO SMA AL HUDA JATI AGUNG

Ahh... hari ini bangun paginya telat jam 06.30 WIT. Langsung packing dan menuju ke lantai bawah. Lalu kami, pergi ke bandara. Di bandara Sentani ketemu anak Jamnas dari Jayapura, beh.... senangnya..... Setelah nunggu lama, akhirnya kita take off. Di dalam pesawat kita bosan Cuma dengerin lagu-lagu. Ketika take off kami nangis lihat tanah Papua, banyak kenangan disana. Sudah sampai di Soekarno-Hatta, kami delay sampe jam 18:00 setelah itu sampe di dalam. Kak Faridz langsung sujud syukur. Akhirnya kami sampai Lampung dengan Selamat. Terimakasih WIKA, DAMRI, PTPN VII, BRI, PERHUTANI sudah membantu kami selama 7 hari ini.

AJENG DWI LESTARI SMA N 2 TEGINENENG

Hari ini kami melakukan wisata untuk melihat peninggalan sejarah, peninggalan perang dunia ke II dan selanjutnya disana terdapat seuah tugu yang menggambarkan tempat pendaratan sekutu pada jaman dahulu. Kami juga melanjutkan perjalanan ke pasar Mama untuk melihat beberapa kerajinan yang ada disana dan tentunya membeli beberapa kerajian untuk di bawa pulang ke Lampung.

AJENG KENCANA SMA N 1 TUMIJAJAJR

Dihari ini kami Peserta SMN Goes to Papua dipertemukan kembali untuk melakukan briefing sebelum pergi ke Papua. Saat itu saya datang sedikit terlambat. Sesampainya disana kami diberikan briefing dan latihan lagu-lagu. Kami sudah seperti layaknya keluarga, kami bercanda ria bersama. Saya beryukur dan teramat senang karena kami di bagikan banyak sekali alat-alat penunjang dan yang terpenting diberikan uang saku. Terimakasih untuk WIKA, Damri, dan PTPN 7. Sampai pada akhirnya hal yang sudah ditunggu-tunggu kami akan segera berangkat menuju Papua, walaupun harus menunggu delay selama 1 jam.

NURULLISA AMIYATI SMA N 1 BARADATU

Pagi hari in, seperti yang sudah ditentukan PIC di Papua kami sudah dijadwalkan pukul 06.00 WIT pagi sudah harus sarapan karena tempat-tempat yang akan kami kunjungi sangat jauh dari penginapan kami.setelah selesai sarapan dan mempersiapkan perlengkapan kami pun berangkat menuju SMAN 3 Jayapura. Perjalan yang ditempuh cukup jauh dengan kondisi jalan yang berliku da n harus naik turun bukit dan lembah tapi taka pa semua terbayarkan dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Sesampainya di SMAN 3 Jayapura kami disambut dengan tarian khas Papua diiringi dengan paduan suara dan permainan alat music tifa, disini kami juga dipakaikan gelang persahabatn dari para siswa di SMAN 3 Jayapura yang tentunya menambah keakraban kami satu sama lain. Kami diajak untuk memasuki aula yang sudah disiapkan, semua anak disini memberikan kesan yang sangat baik untuk kami dengan keramahannya. Di aula kami dipertunjukan banyak kesenian seperti tari-tarian, pembacaan puisi, nyanyian lagu daerah, dll. Disini kami juga mendapat kesempatan untuk tampil dan menampilkan budaya dari Lampung yaitu tarian Sigeh Penganten dan menyanyikan Mars SMN Lampung. Antusiasme teman-teman Papua di SMAN3 Jayapura setelah kami tampil sangat membuat kami bangga dan senang. Disana kami juga mendapatkan kesempatan pertama kalinya mencoba makanan khas Papua yaitu Papeda dengan rasanya yang khas ditemani dengan lauknya sayur kangnkung dan ikan kuah kuning yang pas di lidah.