AYO! Berikan Kesan dan Pesan Tentang Kegiatan
BUMN Hadir untuk Negeri

Klik pada button Testimoni Untuk Memberikan Kesan dan Pesan Anda.

Testimoni

Aku bersama teman-teman mengunjungi Taman Budaya dan Museum Negeri Waena. Tau gak sih di museum ini kita bisa mengetahui entang sejarah dan adat istiadat yang ada di Papua. Setelah aku dan kawan-kawan sudah cukup dapat informasi dan waktu kunjungan akhirnya pun habis. Kami melanjutkan perjalanan ke museum Universitas Cendrawasih. Kalo menurut aku kunjungan ke museum ini seperti pelengkap kunjungan dari museum sebelumnya. Waah intinya hari ini seneng banget bisa mengetahui tentang berbagai asal-usul atau nenek moyang orang Papua, sejarah, adat, dan budayanya.

AHMAD CATUR PRASETYO SMA AL HUDA JATI AGUNG

Pagi ini kami pergi menuju SMAN 4 Jayapura, setelah sampai pada tujuan kami mendapatkan sambutan dengan tari-tarian. Setelah itu kami dberikan pengetahuan tentang profil sekolah tersebut. Disana kami berbaur dengan teman-teman yang bersekolah di SMAN 4 Jayapura dan disana aku mendapat banyak kenalan salah satunya adalah Adji dia adalah salah satu anggota OSIS di SMAN 4 Jayapura. Di SMAN 4 Jayapura juga terdapat kelas khusus yang tidak terdapat disekolahku yaitu kelas akselerasi atau kelas khusus yang siswanya dapat menyelesaikan pendidikannya dalam 4 semester. Setelah selesai mengelilingi sekolah lalu kami pergi untuk melaksanakan sholat dan makan siang.

NAUFAL ALIF SMA N 1 PRINGSEWU

Hari ini adalah hari terakhir kami di Papua. Banyak kenangan disini. Tadi saya dan teman-temen keluar negeri loh.. ya walaupn cuman 10meter kita ke Papua Nugini. Menurut saya si orangnya sama saja, sama-sama orang Papua. Papua Nugini sehari-hari memakai bahasa Inggris dan susunan katanya membuat saya bingung. Oia kita disana juga melihat mata uang Papua Nugini, namanya Kina. Disana hujan sangat deras dan penyebrangan sangat jauh. Lama kami menunggu disana banyak angina kencang dan akhirnya kami menyebrang pakai paying. Kami melanjutkan perjalanan pulang kembali ke hotel makan dan masih ditunggu untuk melakukan presentasi. Rasanya aku belum tega meninggalkan Papua, tapi rindu juga dengan Lampung.

AMANDA PUTERI ZAHARA SMA N 1 SUMBER JAYA

Kami mengunjungi ke perbatasan RI-PNG. Hal ini sangat berkesan bagi kami, karena ini adalah pengalaman pertama kami menginjak tanah perbatasan dan berkesempatan menginjak Papua Nugini walaupun dalam waktu yang singkat. Dalam kunjungan kali ini, kami berkesempatan tanya jawab dengan penduduk Papua Nugini. Rata-rata mereka mengunjungi Indonesia karena ingin membeli pinang. Mereka menggunakan mata uang kina dalam membeli barang. Di daerah perbatasan juga terdapat teras BRI yang melayani penyimpanan uang dan money changer. 1 kina setara dengan 3600 rupiah.

SETIAWAN HIDAYAT SMA N 2 KOTA AGUNG

Maaf kak karena tidak bisa panjang lebar, yang terpenting adalah kesannya. Tanah Papua adalah surge yang jatuh ke bumi. Tidak salah bila banyak orang yang bilang bahwa Papua adalah mutiara dari Timur. Ini adalah kebahagiaan sempurna yang tak akan terlupakan. Tapi saya harap dan sangat yakin bahwasaya akan datang kembali ke Papua sebagai orang yang sukses dan akan ikut ambil bagian dalam menyukseskan tanah Papua dan Nusantara ini. Terimakasih untuk WIKA, Damri, PTPN 7 dan Bank BRI serta Perum Perhutani. Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Jangan lupakan kami, tanpa ada kalian semua kami tidak dapat menginjakkan kaki kami di Papua.

MENTARI TAUFIKA SURI SMA N 1 PESISIR TENGAH

Hari yang kutunggu-tunggu telah tiba. Aku sudah mempersiapkan barang-barang dari semalam dan tinggal mengambil surat tugas di sekolahku. Sesudah mengambil saya berpamitan dengan teman-teman dan guru-guru ku yang sangat aku sayang, dan sehabis saya dari sekolah saya pulang untuk berpamitan kepada keluarga dan berangkat menuju kantor Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Setelah saya sampai saya bertemu teman-teman dari PSMN Lampung dan mereka sudah latihan untuk persiapan menuju Papua. Saya pun telat setelah selesai latian nyanyi saya ganti baju dan atribut-atribut lain yang diberikan oleh pihak BUMN tepatnya WIKA, PTPN7 dan DAMRI berupa jaket, topi, baju dan pinnya bagus sekali. Setelah selesai memakai baju saya makan siang dan sehabis itu kami berangkat menuju Bandara Raden Intan dan saya menunggu di Bandara lama sekali. Pada jam 18.50 kami pun berangkat ke Jakarta, ini adalah pengalaman pertama saya naik pesawat saya pun agak takut, tapi saya terus berdoa dan akhirnya sampai di Soekarno Hatta. Saat saya turun, saya dan teman saya yang bernama Yoga bertemu dengan bule dan kami pun speak-speak dengan bule tersebut. Setelah itu, saya menuju tempat makan. Saat saya dijalan saya sangat terkagum kagum karena di dalam Bandara sangatlah mewah sekali seperti mall-mall. Disana saya juga bertemu dan melihat banyak sekali orang luar negeri. Saat sampai ruang makan, saya pun makan sampai kenyang dan sehabis makan kami berangkat ke ruang tunggu dan saat pesawat siap kami menuju pesawat tersebut untuk ke dua kalinyasaya tidak takut lagi. Akhirnya kami berangkat menuju Papua, saat dipesawat saya tidak bisa tidur. Jadi saya main games, dengarkan musik dan nonton film, setelah filmnya habis langit pun mulai cerah dan pas saya liat dijendela, diluar pesawat masih berkabut dan saya juga bisa melihat keindahan Papua dari atas langit. Setelah itu pesawatnya mendarat dan kita sampai di Papua.

JULIO ARAS SMA N 1 SIMOANG PEMATANG

Rombongan SMN Lampung pagi ini masih bersemangat untuk keliling Jayapura. Letak tujuan kali ini adalah ke SMAN 3 Jayapura. Pertama di SMA tersebut, sekolah ini merupakan sekolah yang terbuka dengan pemandangan yang asri, letaknya agak jauh dari perkotaan, agak kecil namun memiliki sistem pendidikan yang modern. Kami disambut hangat oleh siswa-siswi sekolah tersebut. Kami juga disuguhkan penampilan tarian selamat datang dari mereka dan kami yakin bahwa kami disambut dengan baik oleh mereka ditunjukkan lewat tarian selamat datang tersebut. Kami akhirnya masuk ke sekolah ini, seluruhnya tersusun sangat rapih, lalu kami duduk berpencar dengan maksut agar lebih membaur dengan mereka. Kami bernyanyi bersama, menyatukan lirik dan harmoni dalam kesatuan persaudaraan. Setelah itu Bapak kepala Sekolah pun memberikan kata sambutan kepada kami. Saya merasa sangat senan karena seluruh pihak-pihak baik menyambut kami.

ANDI IRWANSYAH SMA N 1 SUNGKAI JAYA

Dari pagi sampai siang kami di Hotel, karena acaranya bebas. Acara bebas kami manfaatkan untuk membuat laporan, latihan untuk pensi, dll. yang menarik di Papua pada hari minggu dilarang membuka toko. Sampai jam 12:00 itu adalah peraturan daerah karena masyarakat Papua adalah umat nasrani. Siang harinya setelah makan siang, kami berkunjung ke Mc Arthur. Pemandangan yang luar biasa indah menghiasi pemandangan yang kami lihat. Peninggalan sejarah Mc Arthur adalah sebuah tempat/markas besar Jendral Mc Arthur pada zaman dulu. Selain ke Mc Arthur kami juga mengunjungi situs megalitikum. Disana kami melihat 5 batu: Batu I : menggambarkan hasil tangkapan. Batu II : fosil gelang yang digunakan sebagai maskawin pada zaman dahulu Batu III: batu yang berbentuk jamur, yang dipercaya memiliki kekuatam mistis. Menurut kepercayaan. Jiwa seseorang datang dengan niatan buruk maka semua data yang dia dapat akan hilang. Batu IV: yaitu kuburan laki-laki yang dikutuk menjadi batu Batu V : yaitu kuburan para wanita yang dikutuk menjadi batu. Bedanya jika laki-laki batunya memanjang, jika wanita berbentuk bulat.

WAHYUDI SMA N 1 AMBARAWA

Pagi ini aku dan teman-teman pergi ke SMAN 4 Jayapura. Disana kami disambut dengan hangat oleh para siswa-siswinya. Aku dan teman-teman saling menunjukkan aksi kami semua kepada para siswa-siswi disana. Seperti biasanya kami selalu menampilkan Mars lagu Canget Agung dan kali ini kami menampilkan lagu aku Papua. Setelah itu aku dan teman-teman diajak berkeliling ke kelas-kelas yang ada di SMAN 4 Jayapura siswa-siswinya sangat ramah-ramah dan tidak sombong mereka selalu menyapa kami semua jika berpapasan dengan kami. Setelah berkeliling kelas kami semua langsung dipersilahkan makan siang.

NANDO ANDREANSYAH SMA N 1 NATAR

Hari ini kami memakai baju bebas, jam 07:00 semua sudah siap dan berkumpul dilobby. Kunjungan pertama kami yaitu ke wisata edukasi dan kewirausahaan Danau Sentani. Akmi melihat proses pengelupasan kulit kayu. Kupas tipis kulit luar yang berwarna hijau. Lalu letak permukaan kayu yang sudah dikupas tadi lalau diiris langsung ditarik perlahan. Kemudian kulit kayu tersebut di jemur dibawah sinar matahari. Kemudian kami mencoba untuk melukis di kulit kayu. Selain dari proses-proses tadi kami dapat melihat hasil kerajianan buatan Mama Marta sendiri. Kita juga membelinya, bisa bernego sendiri dengan Mama Marta. Setelah kami membeli beberapa kerajinan tersebu. Kami bisa menikmati indahnya Danau Sentani, kami sempat berfoto walau keadaan agak gerimis. Tak lama kamipun melanjutkan perjalanan ke pembuatan noken di kampung Asei. Kami dapat melihat langsung pembuatan noken. Saya mendapatkan kesempatan untuk langsung mencoba memakai noken. Jam menunjukan pukul 12:00 kami segera mencari masjid terdekat untuk beribadah lalu makan siang. Pada jam 13:30 kami berkunjung ke Hutan Mangrove Yokfa. Kebetulan disana sedang ada acara festival Humboldt. Disana kami disambut dengan tari-tarian juga da pertunjukan lagu rock. Lalu meminta kami untuk ikut menari, berputar dan seru-seruan. Perjalan kami lanjutkan ke wisata sejarah.

NAIRA PRASIAMRATRI SMA N 6 BANDAR LAMPUNG