Tentang Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Peserta kegiatan adalah Pelajar SMA/SMK/SLB kelas XI sejumlah Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi tersebut (1 orang dari setiap Kabupaten/Kota). Untuk Provinsi yang mempunyai kurang dari 18 Kabupaten/Kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh Kabupaten/Kota. Dari seluruh peserta yang dikirimkan, ditambah 3 orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB.

Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yakni pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2018, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan. Peserta akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi yang ditunjuk (1 orang), Guru Teladan Tingkat Provinsi (2 orang) dan perwakilan BUMN PIC asal.


Siswa Mengenal Nusantara


Foto Kegiatan

Testimoni

Terima kasih BUMN, khususnya PT Timah, Suverveyor Indonesia, dan Antara. Berkat adanya Program Siswa Mengenal Nusantara saya bisa mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan baru. Jayalah BUMN!!

Utari Sitti FarikahSMA Negeri 1 Gantung

Terima kasih BUMN Hadir Untuk Negri yang telah memfasilitasi semua kegiatan kami, dengan adanya kegiatan ini kami semua bisa mengenal adat, budaya dan makanan khas daerah lain. Harapan kami agar kegiatan ini akan berlanjut terus dan memberikan kesempatan bagi anak anak yang berkebutuhhan khusus ditambah lagi koutanya, sekali lagi terimakasih BUMN Hadir Untuk Negri semoga sukses dan jaya Negriku merdeka........!!!

Tegar HermawanSMA Negeri 1 Tanjung Pandan